Dauroh Ushulus Sunnah - Ustadz Yulian Purnama, S.Kom

1
Sesi 1

*
Isi Ceramah

Ushul = landasan/pondasi-pondasi
Sunnah = Thoriqoh/Siroh (jalan)
Menurut istilah ulama = semua yang disandarkan kepada Rasulullah SAW, baik perbuatan, perkataan dan persetujuan beliau dan sifat-sifat Nabi Secara istilah sama dengan hadits
Menurut ulama fiqh = perkara yang apabila dilakukan berpahala dan tidak dilakukan tidak berdosa

Maka jangan salah...
Definisi keempat sunnah adalah lawan dari bid'ah sehingga mencakup masalah aqidah, ibadah, muamalah dan masalah akhlak

Kitab ushulus sunnah adalah sesuai dengan definisi yang keempat, aqidah ahlus sunnah

Sehingga... landasan landasan atau pondasi pondasi ahlus sunnah

Bila ada yang menyelisihi... maka diragukan status sunnahnya atau manhaj sallafnya

Kemudian Imam Hambal = Imam Bin Muhammad Bin Hambal Bin Hilal Bin Asad Bin Idris As Syaibani
Lahir di Hambal Tahun ..H
Nasab kakek dibolehkan seperti bapak
KEnapa tidak nama bapaknya saja, hal seperti ini biasanya nama Kakek nya lebih mashur
NAma Kunyah beliau adalah Abu Abdillah
241H wafat
Ulama Mutaqaddimin, masa hidupnya sebelum 300H
Ulama Mutaakhirin, sampai masa tahun 1200-an H
Setelah itu disebut sebagai ulama jaman sekarang (mu'ashirin)
Tujuannya secara umum lebih utama ulama mutaqaddimin, mereka juga memilik metoda yang berbeda dalam ilmu hadits, ushul fiqh, fiqh dan Imam Ahmad termasuk ulama mutaqaddimin

Beliau mulai rihlah (merantau) di usia 15 tahun, banyak berguru
Imam Muhammad Bin Idris As Syafii
Abdurrahman Bin Mahdi (ulama besar ilmu hadits)
Yahya Bin Said Al Qathan (ulama besar ilmu hadits)
Muwaki Bin Al Jarroh, ulama gurunya Imam Syafii
Al Walid Bin Muslim

Imam Ahmad pernah menikah 2x. pertama dengan 'Abasyah Binti Fadhl, mempunyai anak seorang anak bernama Soleh Bin Imam Ahmad yang juga seorang ulama, berumah tangga selama 20 tahun sampai istrinya meninggal

KEmudian menikah lagi dengan seorang wanita bersama Roihanah dan mempunyai anak bernama Abdulloh yang juga merupakan seorang ulama besar mempunyai kitab As Sunnah (yang juga menjadi rujukan ahlus sunnah)

Kemudian beliau tidak menikah lagi tapi mempunyai budak wanita bernama Husna dan mempunyai beberapa anak Beliau dikenal dengan ulama yang memilik rumah tangga yang harmonis tidak pernah cekcok dalam berumah tangga. Ini cerminan gambaran yang mendekati ideal. Imam Ahmad imam besar dalam hampir semua bidang Seorang ulama disebut Imam ketika banyak pengikutnya dan banyak orang yang memakai kaidah dan fatwa beliau... Misal Syaikh Sulaiman Ar Ruhaili tidak disebut sebagai Imam Madzhab Hambali Menonjol di bidang aqidah Sampai menjadi ikon ahlus sunnah Sampai yang rujuk dari pemahaman menyimpang disebut ... kembali ke pemahaman Aqidah Abu Hasan. 4 aqidah, mu'tazilah,..., Asy Ariah dan kembali ke ahlus sunnah (kitab Al Ibadah) Dan saya juga berpegang kepada Anaknya khalifah Harun Ar Rasyid kholifah ke-24 berpegang ke ahlus sunnah Di masa pemerintah anaknya Al Makmum kholifah ke-26 terpengaruh oleh ilmu qalam, waktu itu di kalangan bani Habbasyiyah sedang terkenal aqidah yang mengedapankan aqal Aqidah mu'tazilah mengedepankan akal Sampai ulama aqidah ahlus sunnah banyak yang ditangkap untuk meyakin al qur'an adalah mahluk, terbagi menjadi 4 golongan: 1. terpaksa mengucapkan, karena kalau tidak mengucapkan bisa disiksa, dan dalam fiqh hal ini boleh, diantaranya ulama Yahya bin main, yajib bin harun, abul umausamah, ubaidah bin said 2. tidak mau mengucapkan, akhirnya disiksa dan meninggal, muhammad bin Nuh meninggal dalam siksaan khlifah 3. tawakkuf, tidak mau mengucapkan tapi juga tidak secara tegas menyatakan, memilih tauriyah, dengan mengatakan, tidak mengatakan al quran itu mahluk dan juga tidak mengatakan pelafalan saya terhadap al quran adalah mahluk dalam hal normal hal tersebut tidak boleh, namun dalam kondisi darurat boleh diantar ulama Imam Bukhari, membuat beliau ditahdir oleh muridnya kecuali Imam Muslim Imam Ahmad selama 3 khalifah, khalifah ke 26, Al Makmun khalifah Muhammad al Muqtasim khalifah ke-27 Harun Al Wasiq, ke 28 Beliau tidak ingin ucapannya dicatat dan diikuti Ja'far al mutawakkil khalifah ke-29 diberikan hidayah beraqidah ahlus sunnah dan membebaskan Imam Ahmad dan memuliakan beliau Imam Ahmad kembali berdakwah Betapa kokohnya Imam Ahmad MEnghadapai cobaan selama 3 kholifah tadi beliau Kitab ini MEmuat sekita 46 point akidah ahlus sunnah LAndasan landasan ahlus sunnah menurut kami (Imam Hambal): 1. Berpegang teguh dengan apa yang diyakini atau dipraktekan oleh sahabat RAsulullah SAW dan meneladani mereka mengikuti manhaj salafus sholeh dalam at taubah 100, orang orang yang pertama kali dari kalangan muhajirin dan anshar ..Allah ridho kepada mereka dan mereka ridho kepada Alloh, dan Alloh siapkan bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai dan kekal didalamnya selama lamanya .sungguh Alloh ridho dalam baitul ridwan al qadr ayat 18 .orang orang yang bersamanya yang keras kepada orang kafir dan .contoh Nabi bersabda tentang hari Senin, inilah hari dimana aku dilahirkan, makanya ada puasa Senin. .misalnya ada yang lahir hari selasa, apakah para sahabat memahami seperti itu, tidak ada 2. Meninggalkan bid;ah, meninggalkan segal bentuk kebid'ahan 3. MEyakini semua bid'ah adalah kesesatan, hadits shahih riwayat Muslim .tidak ada bid'ah yang baik, adapun perkataan Umar ni'matul bid'ati hadzihi atau, sebaik baik bidah adalah ini maksudnya shalat tarawih berjamah, ada 2 penjelasan, perkataan umar ini tidak menunjukkan ada bid'ah yang baik, maksudnya adalah bid'ah secara bahasa, secara bahasa memang ada bid'ah yang baik dan tidak baik, karena secara bahasa memang ada bid'ah. .maka shalat tarawih secara bahasa bid'ah yang baik, karena sebelumnya sempat tidak ada, secara bahasa termasuk bid'ah tapi secara syar'i tidak termasuk bid'ah karena Nabi contohkan, .kata Imam Ibnu Rajab ini bidah secara bahasa, yang kedua seolah olah Umar ingin menyindir berkata tegas kepada orang yang mengkritik beliau, Umar ingin menyatukan semua dibelakang 1 Imam . ada orang yang tidak tahu mengkriti, wahai Umar apakah ini ada contohnya, kalau tidak ada berarti bidah maka Umar ingin berkata tegas kepada orang ini, ya kalau bidah ini sebaik-baik bidah, ingin berkata sarkas kepada orang tersebut . ini menunjukkan tidak ada bidah hasanah 4. MEningglakna ahlul ahwa, tidak debat dengan ahlul bid'ah, kecuali debat untuk menegakkan kebenaran dan inipun ada syarat-syaratnya seperti dijelaskan Imam Utsaimin dalam kitab: 1. orang yang ilmunya dalam 2. orang yang mahir dalam berdebat 3. harus tahu hujjah argumentasi dari lawan dan harus tahu jawabannya . tidak boleh debat mencari kebenaran, yang boleh menegakkan kebenaran 5. Tidak bermajelis dengan ahlul bid'ah dan juga semua majelis yang akan menyampaikan masalah agama, kalau bukan masalah agama maka tidak masalah seperti muamalah, misal majelis rapat RT, paguyuban, komunitas kandang sapi .majelis yang ada ahlul bidah berbicara agama 6. SElektif dalam memilih guru 7. Meninggalkan perdebatan miro dalam agam, debat yang satu satunya niat untuk menjatuhkan lawan .sampaikan sunnah dalil Nabi dengan baik, kalau diterima Alhamdulillah kalau tidak diterima diam saja 7. Sunnah (aqidah ahlus sunnah) menurut kami adalah stasr (hadits) NAbi SAW . sunnah atau hadits menafsirkan Al Qur'an dan sunnah juga menujukkan makna makna Al Quran, lihat kepada hadits 8. Tidak ada qiyas dalam masalah aqidah .sumber pengambilan aqidah hanya dari dalil Al Quran dan Sunnah .seperti orang yang bertawassul, seperti meminta kepada wali atau jin atau kuburan, mereka berpikiran meminta ke presiden langsung tidak bisa maka meminta lewat ajudan presiden maka demikian juga kalau kepada Allah maka mereka lewat perantara, nah ini bentuk qiyas 9.dalam aqidah tidak ada qiyas, Allah tidak sama dengan mahluk 10. Tidak mengikut permisalan permisalan dan tidak digapai dengan akal Dan juga tidak diambil dengan hawa nafsu, al ahwa (hawa nafsu) kata syaikh Fauzan semua yang bertentangan dengan al quran dan sunnah termasuk di dalamnya mimpi, wangsit, praktek kebanyakan orang, dongeng, perkataan ketua kabilah sesepuh nenek moyang . tidak didasari aqal tapi dalam al quran surat dialah Alloh menjadikan bagi kalian aqidah akal agar kalian bersyukur, akal sebagai nikmat mukminun 80, dialah Allh yang menghidupkan dan mematikan....apakah kalian tidak berpikir (tidak pakai akal), berarti pakai akal terpuji Al An'am 60/50, apakah sama orang buta dan . orang pakai akal dipuji . namun akal tidak menjadi patokan kebenaran, tidak boleh melebihi dalil . dalil patokan sunnah bidah, patokan halal haram . patokannya dalah al quran dan sunnah . bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya quran...al qur'an pembeda antara yang hak dan bathil al baqarah 185 maka patokannya dalah al aur'an . ali mengatakan: andai agama itu mengedepankan akal maka bagian bawah (khuf) yang diusap, HR Abu Dawud dishaihkan oleh Imam Al Albani . Rofi' bin khorij, Rasulullah pernah dulu melarang kami suatu perkara yang menurut (akal) kami baik, lalu apakah sahabat protes> tidak, mereka mengatakan taat kepada Allah dan RAsulnya lebih bermanfaat kepada kai HR .Umar, wahai hajar aswad kamu hanya batu, kalau bukan karena aku melihat Nabi aku tidak akan menciummu, HR Bukhari Muslim . maka ini semua beragama itu mengutamakan dalil bukan aqal . syaikh dr Solih: kalau seseorang mengetahui,,maka itu bagus untuk kebaikan di atas kebaikan, namun jika tidak mengetahui hikmah tersebut maka tetap wajib mengikut . para sahabat tetap mengikuti tanpa mengetahui hikmahnya . ahlul kalam, lebih dijadikan patokan daripada dalil 11. Barangsiapa yang meninggalkan satu saja maka tidak diterima keimanannya, yaitu al imani kepada takdir, salah satu akidah yang wajib diyakini, maka yang tidak meyakininya tidak termasuk orang tidak beriman, orang qadariyyah, qdariyyah meyakini semua akibat perbuatan dia sendiri tanpa ada campur tangan dari Alloh SWT, mereka menganggap Alloh tidak mengetahui semua kejadian setelah terjadi kejadian tersebut di muka bumi . dan mengimani hadits hadits tentang takdir . dan tidak mempertanyakan mengapa begini dan begitu . namun orang beriman akan membenarkan dan mengimani semua yang berkaitan dengan takdir . masalah takdir adalah rahasia Alloh, tidak semestinya kita taamuk (terlalu dalam) dalam memikirkan takdir, manusia disuruh beramal. . konsep takdir bahwasanya manysia hanya bis berusaha jadi tidaknya hanya Alloh yang menentukann . apa yangAlloh inginkan pasti terjadi dan yant tidak Alloh ingingkan pasti tidak terjasdi . kehendak kita dibawah kehendak Alloh SWT . dan orang yang tidak memahmi tafisr sebuah hadits namun berusaha memahami dengan akalnya maka ornag tersebut harus dihukum, orang orang yang lebih memikirkan dengna akal dimasa pemerintahan harus Ar Rasyid, ketika ada orang yang berbicara al quran dengan akalnya maka akan dihukum . syekh bin baz, jaman ini adalah jamannya kita berlemah lembut, karena tidak mampu 12. Wajib baginya mengimani semua yang datang dari hadits dan seperti hadits tentang masalah takdir .imam Ahmad: siapa yang menolak 1 hadits saja yang shahih maka berada di pinggir jurang kehancurab . apabila terima hadits yang belum paham maka katakan wallahu a'lam namum belum tahu maknanya seperti apa .terima dahulu dan yakini dan maknanya tidak seperti yang saya sangka, tanya kepada orang yang tahu # Hadits yang wajib diyakin adalah hadits2 tentang rukyah .bahwa orang beriman bisa melihat Alloh secara langsung di surga, yang diingkari orang orang ahli bid;ah ada 3 golongan: 1. orang yang menolak 2. ahlus sunnah, Allh tidak bisa dilihat di dunia namun bisa dilihat di akhirat 3. Suffiyah, bisa dilihat di dunia dan di akherat .walaupun hadits tersebut diluar nalar . tidak seperti orang ahlul kalam, bila sesuai akal diterima dan bila ada hadits shahih maka tidak diterima atau artinya ditakwilkan kepada yang lain . dan walaupun hadits tersebut membuat orang yang mendengarnya terasa aneh .jangan menolaknya waaupun 1hurufpun, seperti hadits lalat, sayap lalat . ada tokoh mu'tazilah yang lebih percaya perkataan dokter kafir daripada hadits ini . maka ini bentuk menolak hadits . terima dahulu tentang maknanya, hikmahnya dan rinciannya tanya ulama . dan juga hadits2 lainnya yang shahih . dan hendaknya tidak mendebat sesorang . dan juga jangan belajar ilmu debat . karena ilmu kalam demikian uga mempertanyakan takdir, ilmu kalam,...merupakan perkara yang tercela dan terlarang . ilmu kalam di jaman modern sama dengan ilmu filsafat . orang orang yang meyakini keyakinan diatas bukan ahlus sunnah sampai dia menerima kepada yang benar 13. Al Qur'an adalah firman Alloh bukan mahluk . karena mahluk bisa salah . karena akan merendahkan Al Quran bila meyakini mahluk . yang benar Al Qur'an adalah firman Allah, sifat Allh maka bukan mahluk . dan jangan lemah untuk mengatakan Al Quran itu bukan mahluk, jangan ragu, karena banyak sebagian ulama yang ragu, ditegaskan jangan lemah . karena firman Alloh tidak terpisahkan dari Alloh sebagaimana ketika kita berbicara maka omongan kita terikat dengan kita, maka omongan kalam itu sifat, kalamullah > siffat Alloh . tidak ada dari bagian Alloh SWT yang mahluk, dan hendaknya jauhi berdebat dengan orang dalam msalah akidah . demikian juga dengan orang2 yang mengatakan al quran mahluk, imam Ahmad melarangnya . perkataan saya dalam al quran adalah mahluk, tapi perkataan seperti ini akan membawah kepada pemahaman mu'tazilah . demikian juga dilarang perkataan, mushaf ini kertasnya, tintanya adalah mahluk, walaupun memang betul tapi tidak boleh karena akan mengesankan quran ini adalha mahluk . adapun yang dilakukan imam bukhari dilakukan dalam kondisi darurat . demikian juga jangan mengikut orang yang tawakkuf seprti imam bukhari, yang mengatakan tidak tahu quran itu mahluk atau bukan . yang benar al quran adalah kalammullah bukan mahluk 15. DAn sunna mengimani ru'yatulloh, melihat Alloh SWT di akhirat . Nabi pernah melihat Alloh secara langsung . hadit hadits shahih . diriwayatkan Abu Qotadah, Ibnu Abbaz, ...hadits tersebut dimaknai secara apa adanya . ahlul bidah mentawil, mereka mengatakan melihat nikmat Alloh bukan melihat Allh maka ini tidak benar . maknanya sesuai dengan dzahirnya kata Imam Ahmad . dan tidak kita debat orang yang menyampaikannya 16. MEngimani hadits mizan di yaumul qiyamah . Para ham nanti akan ditimbah di hari qiyamah . amal para hamba akan ditimbang sebagaimana terdapat dalam hadits dan wajib mengimaninya , wajib berpaling kepada ornag yang . wajibmengimani kepada hadits 1. amalan dan orang 2. orangnya 3. catatan amalannya .ditimbah semuanya, yang paling kuat .berat badan yang ditimbang tidak berpengaruh 17. MEngimani Alloh berbicara kepdanya hambanya tanpa perantara 18. MEngimani adanya telaga setiap nabi memiliki telaga . telaga paling luas adalah telaganya Nabi Muhammad SAW . ummat Nabi akan minum dari ummat tersebut . bahaya menyelisihi sunnah adalah orag muslim tidak bisa minum dari telaga Nbai . panjang dan lebar telaga tersebut sama yaitu perjalan 1 bulan . bejana dan gelasnya sebanyak bintang di langit 19. MEngimani adanya adzab kubur . akan mengalami fitnah kubur . bedakan antara adzab kubur dan fitnah kubur . fitnah kubur ditanya tenang imam, kitabnya dan rasulnya . 3 atau 4 pertanyaan man robbuka ma nabiyyuka 20. .akan didatangi oleh malaikat ini ijma ulama tidak ada khilaf 21. Meyakini adanya syafaat Nabi SAW . meyakini adanya kaum yang dikeluarkan dari neraka setelah mereka dan terbakar dan hangus menjadi abu . kemudian mereka diperintahkan dibawah kedalam sungai yang ada di depan surga setelah itu mereka akan tumbuh lagi mulai dari tulang ekor kemudian tulang2 lainnya seperti semula lagi kemudian dimasukkan ke dalam surga . sebagaimana ada dalam hadits, itu semua terjadi sebagaimana Allah menghendaki . ini diingkari orang da;iwadi, ornag waidiyyah mengingkari ancaraman, khawarij dan waiddiyah . mereka meyakini orang yang masuk neraka tidak akan keluar dari neraka, meereka kekal di dalamnya selamalamannya . mereka meyakini pelaku dosa besar kekal selama lamanya di dalam neraka . kata mereka haditsnya ahad tidak bisa dijadikan dalam aqidah sehingga mereka tolak 24. Mengimani Dajjal akan keluar di akhir jaman . salah satu tanda akhir jaman . disebu al Masih karena mendatangi semua negeri kecuali Mekkah dan Madinnah, Massah = mengusap . Dajjala = berdusta . hadits shahih dikatakan: tidak ada Nabi kecuali pasti akan memperingatkan bagian fitnah dajjal . Dajjal akan menyuruh manusia menyembah dia, kepada kekufuran . bila sesuatu itu baik maka belum tentu baik . adanya hasil yang baik tidak menunjukkan perbuatan tersebut baik, contoh orang datang ke duku maka sembuh . dajjal disebutkan dalam hadits punya air sendiri dan roti, bisa menurunkan hujan . dajjal akan mengimingi kekufuran dengan . yang tidak mau mengikuti akan diberikan kekeringan, ... oleh dajjal . amalan itu benar atau tidak ditimbang dengan dalil . tertulis diantara kedua matanya kafir . hadits2 tentang dajjal itu shahih . mengimani haditsnya itu akan terjadi . dan dajjal akan turun ke dunia dan Nabi Isa akan membunuh dajjal di tempat yang bernama Babbuluth . mengimani mencakup perbuatan dan perkataan . perkataan lisan dan perbuatan amal .iman itu 4: 1. amalan hati 2. amalan lisan 3. amalan badan 4. amalan perbuatan . amalan bagian dari Imam tidak seperti murji'ah, yang penting yakin . sudah dianggap beriman, mereka menganggap amalan adalah penyempurna iman saja . iman itu bertambah dan berkurang . bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan maksiat Iman Naik Turun . fix menurut murjiah . murjiah: iman menjadi nol bila tidak yakin . murjiah: hampir tidak meyakini adanya takfir, orang Islam yang menjadi kafir, karena orang Islam harus hilang yakin untuk menjadi kafir . Tidak akan masuk neraka yang di dalam hatinya keimanan sebesar biji sawi . pertengahan adalah aqidah ahlus sunnah, perkataan dan amalan bisa bertambah dan berkurang sehingga tidak memungkiri terjadinya takfiri namun juga tidak bermudah mudah mengkafirkan . ORang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik amalnya . yang paling, berarti iman bisa bertambah dan juga bisa berkurang , imam malik bin anas > iman bisa bertambah tapi tidak bisa berkurang, karena lafadz dalam quran dan hadits semuanya lafadh penambahan iman, misal ayat kalau dibacakan al quran maka bertambah imannya, maka ini dibantah oleh para ulama ada tapi tidak secara literal seperti hadits tadi iman bisa menjadi sebesar biji sawi berarti ada pengurangan, dan juga iman berkurang banyak terdapat dalam atsar > pendapat yang kurang benar . iman itu naik dan turun .Siapa yang telah meninggalkan sholat maka telah kafir . orang yang menghalalkan untuk meninggalkan sholat maka telah kafir . adapun yang tidak menghalalkannya namun karena malas maka ada perbedaan pendapat , imam Ahmad berpendapat . madzha maliki dan berpendapat . imam hanafi yang paling ringan, dipenjara . Imam Ahmad seolah olah ingin mengisyaratkan seseorang bisa kafir dengan meninggalkan amalan, diantaranya meninggalkan sholat . para sahabat Nabi memandang tidak ada amalan yang apabila ditinggalkan yaitu sholat . ijma > sahabat Nabi sepakat orang yang meninggalkan sholat adalah kafir > syaikh bin baz . syaikh al albani tidak setuju diklaim sebagai ijma para sahabat karena . karena hal itu dituduh sebagi murji'ah . tidak boleh meninggalkan sholat sama sekali, fatwa dari 4 imam tadi . meninggalkan sholat lebih besar dosanya daripada zina . Rasul meyakini bahwa manusia yang terbaik dari umat ini adalah Umar bin Khatab lalu Abu Bakar As Shiddiq, . dari sisi amalan ranking satu Abu Bakar, ijma ulama . dalam kekhilafahan: Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali . dalam hal afdholiyah keutamaan: Abu Bakar, Umar, Ali, Utsman . Imam Ahmad membahas urutan keutamaan para sahabat Nabi . Khulafaur Rosyidin Abu BAkar menempati tingkatan paling tinggi dari para sahabat . KEtiga ornag diatas diunggulkan dari para sahabat dari sisi kekhilafahan, setelah ketiga orang ini maka tingkatan selanjutnya adalah ashabul syuro . mereka 5 orang: Ali bin Abi Thalib, Talhah, Jubair bin Awwan, Abdurrahman bi Auf, Saad bin abi waqqosh . hadits bin Umar: Nabi . setelah ash habus syuro orang orang muhajirin dari perang badr . kemudian kaum dari perang badr . kemudian orang yang duluan masuk Islam . kemudian orang yang diutus Nabi . kemudian sahabat Nabi, yaitu siapa yang pernah membersamai Nabi atau sempat melihat Nabi walaupun sebentar .Abu Hatim AR Razi disebutkan ada 104rb orang sahabat Nabi . Mereka semua punya kadar status sahabat Nabi . Dan orang yang pernah membersamai Nabi mereka lebih afdhol daripada Tabiin .PAra sahabat NAbi dalah orang yang paling mulia, janganlah kalian mencela sahabatku . andaikan diantara kalian ada yang berinfaq sebesar gunung uhud maka tidak bisa... . mencela sahabat NAbi adalah pelanggaran akidah ahlus sunnah . Muawiyyah bin Sufyan di akhir masa khulafaur rosyidin terjadi perang jamal (aisyah dan muawiyyah) dan siffin (ali dan muawiyah) . muawiyyah salah tapi terletak pada perbedaan ijtihad . diantara fi .. sunnah adalah wawjib mendengar dan taat kepada pemimpin, yaitu presiden, khalifah, raja, amirul mukminin baik itu shaleh ataupun tidak sholeh (dzalim), adapun orang yang berkeyakinan bahwa wajib taat kepada pemimping shaleh saja itu .maksudnya taat dalam perkara yang taat, tidak ada ketaatan kepada mahluk,,,HR Bukhari Muslim . jadi bukan karena satu hal perkara maksiat maka menjadi tidak taat . ini adalah ijma..., tidak ada perbedaan, diantaranya Imam . para ulama sepakat wajibnya mendengar dan sepakat kepada kaum muslimim, makanya ijma ulama bukan khilafiyah . namun dengan catatan mengajak kepada...bukan berarti menjilat dan tidak boleh menyetujui kebijakan yang dzalim namun juga tidak boleh memberontak, inilah yang dianggap oleh kaum khawarij yang menganggap yang tidak memberontak berarti setuju dengan pemerintah, .., padahal . Imam Ahmad mendefinisikan siapa itu Ulil Amri: orang yang memegang tampuk pemerintahan dan orang orang berkumpul padanya, dan mreka ridho, dan orang ynag punya kendali militer sehignggi disebut sebagai khalifah, maka dia disebut sebagai ulil amri . itulah ulil amri yang harus ditaati baik pemilihannya syari maupun tidak syari . sampai hari kiamat akan ada terus jihad fisabilillah, namun jihad fisabilillah adalah jihad bersama umaro, bukan melakukan terorisme, jihad itu memimpin orang kafir dipimpin oleh presiden bersama pemimping kaum muslimin, baik pemimpin ini shalih ataupun tidak shalih. . tidak boleh ada siapapun yang menyerang ataupun melakukan kudeta terhadap ulil amri . demikian juga pelaksanaan sholat jum;at, pembagian harta rampasan perang, harus bersama ulil amri 33. Membayar zakat kepada Ulil Amri itu boleh dan sah . Ulil Amri menunjuk petugas zakat yang sah, maka zat dianggap sah . Zakat dianggap sah apabila zakat harus sampai kepada mustahik, menurut... . menurut . berhukum dengan hukum selain hukum Alloh perlu dirinci, tidak seperti keyakinan orang orang khawarij, ada 3 macam: 1. yang sejalan dengan hukum Alloh misal 2. tidak sejalan dengan hukum Alloh tapi juga tidak bertentangan misal aturan lalu lintas orang yang taat kepada undang2 buatan manusia dan mengharap kepada ... maka ini fasiq orang yang ... maka ini dzalim orang orang yang menganggap undang-undang buatan manusia lebih bagus atau setara maka ini kafir . bagaimana dengan undang undang dengan negara kita? uu negara kita bertingkat tingkat tidak 1 level, ada yang bertentangan, ada yang selaras, ...tidak bisa semuanya dianggap sama maka bermakmum kepada ulil amir maka boleh pada jaman dahulu orang berimam kepada masjid bala, masjid imam ulil amri menurut imam Ahmad barangsiapa yang pulang tidak bermakmum kepada imam ulil amri maka dia telah menyelisihi sunnah NAbi. . ahlus sunnah meyakini bermakmum kepada ahlul bi'dah boleh selama tidak... . orang yang meyakini tidak boleh bermakmum kepada ahlul bid'ah maka dia telah bid'ah kata hassan al bashri, sholatlah bersama dia, adapun masalah kebidahan dia maka dia yang tanggung sendiri begitupun sholat jum'at, maka barangsiapa yang mengulang sholat jum;at maka dia tidak mendapatkan keutamaan sholat jum;at dan seharusnya tidak ada keraguan sama sekali dalam masalah ini .siapa yang memberontak kepada salah satu pemimpin muslimin dan mereka telah bersepakat untuk mendirikan sebuah khilafah dengan cara apapun baik dengan ridho atau dengan kudeta maka orang yang melekat ini telah merusak ketaatan kaum muslimin, kalau dia mati dalam keadaan seperti itu belum bertobat maka mati dalam keadaan jahiliyyah . sangat jelas dalilnya tidak boleh memberontak kepada pemerintah . dan tidak halal memerangi penguasa . tidak boleh memberontak kepada penguasa karena mengikuti perkataan dari seorang manusia, dan dia termasuk ahlul bid'ah bukan ahlus sunnah . perlu dibedakan furruj (memberontak disertai dengan akidah khawarij) dengan bughat (tetap terlarang namum bukan furruj tidak sampai mengeluarkan dari ahlus sunnah, melawan penguasa dengan anggapan penguasa kurang membeikan kemaslahatan dari kaum muslimin atau melawan penguasa, waktu jaman Ali menurut muawaiyyah harusnya waktu itu Ali tidak menguruskan pemerintahan terlebih dahulu tapi mengurusi pembunuh Utsman . . siapa yang terbunuh mempertahankan hartanya maka mati syahid kalau terbunuh maka syahid dan kalau dia yang mati maka boleh . kalau sesorang terancam harta dan nyawanya maka boleh mempertahankan nyawa dan hartanya namun kalau perampok ini kabur maka tidak boleh dicari dan ditracking jejaknya jadi orang khawarij boleh dibunuh tapi tidak boleh ditracking, tidak boleh melakukan hal itu kecuali pemerintah namun yang boleh bagi rakyat biasa adalah membela dirinya saja . semua hadits yang . dalil memerangi khawarij ada fiqhnya tidak boleh sembarangan karena sebetulnya mereka juga masih muslim . ibnu abbaz pernah berdebat . ketika Ali ditanya apakah khawarij kafir, maka Ali menjawab . karena mereka masih muslim maka tidak boleh membunuh mereka . jangan sembarangan membunuh, orang yang berdemo maka . kita tidak boleh memastikan ada amalan amalan tertentu pasti masuk surga atau masuk neraka kecuali ada dalilnya . kita khawatirkan orang yang melakukan maksiat masuk neraka . barangsiapa yang bertemu Alloh dengan ... maka wajib baginya untuk masuk neraka barangsiapa yang bertemu Alloh dimana harusnya masuk neraka tapi dia bertobat maka Alloh akan menerima tobatnya, dan Alloh akan menerima tobat dari para hambanya . nifaq atau kemunafikan kemunafikan sejatinya adalah kekufuran . orang munafik itu tempatnya di neraka paling bawah bersama orang orang yang kafir surat . ada tiga sifat orang munafik 1. 2. 3. Para ulama berpendapat ini nifaq sugro ada nifag sugro, amali seperti orang yang berbohong nifak amali NAbi ucapkan hadits ini sebagai penegasan, terkadang para ulama menyebutkan hadits yang maknanya tegas tanpa merincinya. misal hadits silaturahmi, padahal ada rincian kalau dia bertobat, ... maka tidak jadi masuk neraka . mereka menyebutkan sebagi bentuk tahdzir, ketegasan . beliau hadits hadits seperti ini apa adanya agar menjauhi tahdzir, karena kalau dirinci orang kadang bermudah-mudahan . surga dan neraka surga neraka adalah mahluk Alloh yang sudah diciptakan sebagaimana dalam hadits Nabi: Aku pernah masuk ke surga dan aku melihat di dalamnya ada sungai dan telaga Al Kautsar Aku pernah Aku pernah masuk surga dan mayoritas penduduknya adalah wanita siapa yang mengira surga dan neraka belum diciptakan maka dia telah mendustakan quran dan sunnah . ahlul qiblah adalah orang yang masih tampak tanda tanda keislamannya ahlul qiblah yang meninggal yang dia bertauhid kepada Alloh maka dia disholatkan dan didoakan diberi ampunan dan jangan tinggalkan sholat jenazah kepadanya gara gara dosanya yang dia kerjakan adapun urusan dosa dia kita serahkan kepada Alloh SWT maka hendaknya disholatkan kecuali orang yang menjadi ulama atau tokoh di suatu daerah maka orang seperti itu dianjurkan untuk tidak mensholatkan ahli bid'ah dan pelaku yang mengerjakan dosa-dosa besar sebagaimana Rasulullah ketika ada jenazah lewat, maka Rasul menyakan apakah orang tersbut punya hutang, maka jika punya hutang maka Rasul tidak mensholatkan . ketika menutup majelis membaca tahmid dan sholawat kepada Nabi. wa'idiyyah mu'tajilah dan khawarij wa'iddiyah = dalil dalil ancaman contoh, orang yang mencuri maka tidak dikatakan mukmin, berarti kafir siapa yang membunuh dirinya sendiri dengan besi, maka dia akan menusuk dirinya sendiri di neraka jahanam, kata mereka wa'idiyyah langsung memahami apa adanya ahlus sunnah mengkompromo dengan dalil dalil yang lain, diantaranya tidaklah masuk neraka orang yng di dalam hatinya ada sebiji sawi keimanan tidak akan masuk neraka dengan kekal kalau wa'idiyyah tidak memperhatikan dalil tersebut siapa yang mengucapkan la illahaillahwlah maka akan masuk surga maka kta dia walaupun pencuri tapi tetap mengatakan la... maka akan masuk surga . ahlus sunnah, tetap ada kemungkinan mereka masuk surga, andaikan masuk neraka mereka tidak akan kekal, dan bisa jadi malah mereka masuk surga adz dzariyat Point yang ingin diteknakan ada 4: 1. .. dalil waid akan muncul vonis, vonis ada 2: 1. al hukmul mua'aayan tunjuk hidup secara spesfik 2. global secara global orang minum khamr tidak akan masuk surga kalau sudah person berbicara hukum spesifik karena hukum secara spesifik butuh memenuhi syarat dan tidak butuh penghalang contoh NAbi mengatakan, barangsiapa yang terkena wangi dan dia melwati laki laki yang dijalan dia pezinah dia pezinah, hadits ini shahih hadits ini apa yang ada dalam hadits ini vonis imali, vonis mujmal 2. Apakah di dalam kitab ini dibahas asma wasifat Sekilas tidak ada tapi padahal ada pada pembahasan aqidah Alloh bisa dilihat dan Al Qur'an itu kalamullah bukan mahluk, beliau membahas secara tersirat dan tidak secara tersurat ketika Alloh punya wajah, punya mata, dll kita wajib meyakini semua sifat Allah sebagimana dzahirnya tanya jawab: 1. tentang rukyatullah siapa yang mengklaim bahwasanya Rasulullah pernah melihat RAbnya di dunia maka beliau telah mengingkari maka ini maksudnya di dunia ada khilaf dikalangan para ulama namun ada riwayat dari Abdullah bin Abbas: sesungguhnya Nabi SAW pernah melihat Alloh dengan hatinya bukan dengan mata (HR. Muslim) 2. Kekhalifahan dipilih dengan cara keridhoan dan kalau ada orang nikah dengan pacaran 3. Bagaimana hukumnya menghadapi kafir yang jelas jelas kafir misal pemimpin tersebut tidak sholat? kecuali kalau kamu melihat kekufuran yang nyata ada syarat lain kaum muslimin mempunyai kekuatan kekufuran ini harus benar benar nyata misalkan ada ulil amri memecahkan kendi ketika pembukaan acara bagaimana kalau pemimpin ada sujud di depan patung budha maka itulah ukuran yang nyata, hal itu dilihat orang yang banyak 4. Di tempat kerja ada yang berjudi tapi masih sholat, bagaimana sikap kita kepadanya? apakah harus menjaga jarak atau pindah kerja maka harus melihat kondisi sendiri, apabila akan terpengaruh maka harus menjaga jarak atau pindah tapi apabila mampu memberi warna maka orang yang bergaul dengan masyarakat yang rusak itu lebih bagus daripada yang tidak bisa bergaul dan bersabar dengan yang rusak / hampir hampir harta yang dimiliki paling afdhol adalah yang pergi ke gunung menjauhkan diri dan ada hadits yang menyuruh untuk stay maka para ulama melihat ini tergantung dari kondisi pribadi nah walaupun sudah berusaha untuk diingatkan maka jangan berputus asa, tetap dinasehati Nasehat itu tetap mendapatkan pahala walaupun orang tersebut tidak melakukan nasehat tersebut

2
Sesi 2

3
Sesi 3

Daftar Isi | Kajian | Ustadz Yulian Purnama | Dauroh Kitab Ushulus Sunnah

Mutiara Hari Ini

Abu Zubair Hawaary
Akan datang suatu hari kematian menjemputku, tinggallah segala apa yang telah kutulis. Oh andai saja setiap yang membacanya berdo’a untukku, agar Allah Ta’ala melimpahkan ampunan untukku, serta memaafkan kekurangan dan buruknya perbuatanku.
[al Jumu’ah/62 : 10]
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung“.

Kontak

Ukhuwah, kritik, saran, masukan silakan hubungi:

Klik Di Sini